Thursday, March 4, 2010

KOMUNIKASI PRODUKTIVE

Menyadari hal ini adalah sangat penting jika kita ingin menggapai kesuksesan, berbicara tidak hanya sekedar mengeluarkan kata seperti burung beo yang berbicara tetapi tidak mengerti apa yang terucap.

Tiga hal dalam komunikasi adalah pembicara, obyek pembicaraan dan pendengar. Pembicara yang baik jika bisa menyampaikan obyek pembicaraan dengan baik sehingga bisa mudah dimengerti oleh pendengar. Tentunya ini bukan hal mudah untuk dikerjakan tergantung kemampuan pembicara dalam mendiskripsikan obyek pembicaraan dengan benar, menggunakan kata-kata dan kalimat yang bisa dimengerti. Seorang pemimpin yang sukses berawal dari kemampuan dia mentransfer informasi kepada anak buah dengan  efektive dan produktive. Kemudian informasi tersebut di pahami pendengar/anak buah selanjutnya untuk di ejawantahkan dalam tindakan/kebijaksanaan.

Obyek pembicaraan harus ditentukan point apa yang ingin disampaikan dengan memperhatikan goal atau tujuan dari point-point tersebut bisa di pahami oleh pendengar.

Pendengar yang baik harus mencerna point-point apa yang hendak disampaikan oleh pembicara sehingga harus mengkonfirmasi kepada pembicara  jika ditemukan keraguan. Dan dalam posisi seperti ini pembicara harus mau memberikan konfirmasi untuk membuat keraguan menjadi kejelasan.

Tentunya bukan itu saja masih banyak hal lain yang menentukan komunikasi efektive, seperti personal approach, body language , suasana sekeliling dan ini memerlukan yang disebut SQ ( sosial Quotion -- Semacam Intelegent Quotion/IQ ). 


No comments:

Post a Comment